Text
Kesulitan Berbahasa pada Anak
Ketidaklancaran membaca pada anak pasti membuat para orang tua khawatir. Cukup banyak orang tua yang mengharuskan anaknya mengikuti kursus membaca terlebih jika anak tersebut diarahkan untuk masuk ke sekolah dasar favorit karena di sekolah-sekolah dasar favorit biasanya siswa dituntut sudah terampil membaca waktu memasuki jenjang kelas 1 SD. Kenyataan tersebut dipandang sebagai celah/peluang oleh para penyelenggara kursus untuk memberikan pelajaran membaca. Berbagai metode mengajar membaca dipraktikkan dengan satu harapan agar anak siap duduk di bangku kelas 1 SD favorit. Sayangnya, dalam kenyataan tidak semua anak siap atau berhasil meningkatkan keterampilan membaca dengan cara pembelajaran seperti itu. Di sisi lain, ketidaklancaran membaca mungkin juga disebabkan oleh faktor fisiologis, yakni ketidakmampuan mengucapkan/mengartikulasikan fonem-fonem tertentu dengan benar, yang kemudian berimbas pada ketidakmampuan membaca teks dengan benar dan cepat (Davidson, 2003; Kumara, 2010). Buku ini merupakan kumpulan laporan hasil Praktik Kerja Profesi Mahasiswa Magister Profesi Psikologi UGM dengan minat utama Psikologi Pendidikan, yang sudah diolah dan disusun kembali. Praktik kerja profesi tersebut khusus menangani kasus kesulitan berbahasa pada anak sekolah dasar. Buku ini juga mengungkapkan pengalaman seorang praktisi Psikolog Pendidikan yang bekerja sebagai kepala sekolah dasar inklusi yang telah bekerja sama lebih dari 8 tahun dengan Program Magister Profesi Psikologi UGM. Penulis merasa perlu untuk menyusunnya karena dua alasan. Pertama, kebutuhan buku kasus sudah sedemikan mendesak. Banyak kalangan membutuhkannya, di antaranya adalah dosen yang mengajar di program profesi, mahasiswa yang sedang mengikuti program pendidikan profesi psikolog, orang tua, khususnya yang anaknya mengalami kesulitan berbahasa di SD, guru yang mengajar Bahasa Indonesia di SD. Kedua, penulis laporan praktik kerja profesi yang disupervisi oleh dosen telah lulus ujian HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia). Dengan kata lain, intervensi yang dilakukan oleh praktikan sudah melalui proses yang teruji. Dengan demikian, isi laporan layak untuk dijadikan acuan bagi pihak-pihak yang memerlukan pengetahuan tentang intervensi kesulitan berbahasa pada anak.
Tidak tersedia versi lain