Text
Pengantar evaluasi pendidikan
Melakukan evaluasi sangat penting bagi berjalannya suatu program, baik itu program pendidikan, pembelajaran, ataupun pelatihan. Oleh karena itu, evaluasi sangat diperlukan dalam sebuah pendidikan formal, yakni sekolah. Khususnya dalam melakukan evaluasi mengenai hasil belajar. Hal ini dimaksudkan untuk melihat tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam proses belajar. Selain itu, untuk mengetahui efektif atau tidaknya suatu sistem pembelajaran yang diterapkan oleh para tenaga pendidik.
Ada dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi hasil belajar, yaitu dengan tes dan non-tes. Buku ini akan membahas tentang teknik tes yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar, diantaranya mengenai penyusunan dan pelaksanaan tes; pengujian validitas tes dan validitas item tes; pengujian reliabilitas tes; pemeriksaan, pemberian skor, dan pengolahan hasil tes; penentuan nilai akhir; penyusunan ranking, dan pembuatan profil prestasi belajar.
Buku yang disusun berdasarkan pengalaman dan penelitian di lapangan ini dapat digunakan sebagai buku mata kuliah Evaluasi Pendidikan pada Fakultas Tarbiyah di Universitas Islam Negeri dan Jurusan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain